LEKI, Florida (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan adalah upaya yang tepat untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan merupakan salah satu wadah yang dapat dipandang dan seyogyanya berfungsi sebagai alat untuk membangun SDM yang bermutu tinggi. Oleh karena itu guru harus menguasai model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa agar hasil belajar meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing Masalah pokok dalam penelitian ini penggunaan metode ceramah yang masih sering diterapkan oleh guru, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun Tahun Ajaran 2015/ 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII Jenis penelitian yang digunakan dalam penelian ini adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa per individu 84.79 (tuntas) dan secara klasikal 100% (tuntas). Rata-rata proporsi indikator 0,89 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,37 ≥ 30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 97.80 (baik), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,84 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99.34(baik). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Swasta Sinar Pancasila Betun tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing, Hasil Belajar Siswa, Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:58 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12016 |
Actions (login required)
View Item |