Pengaruh Sikap Responsif Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Kimia Yang Menerapkan Model Pembelajarandiscovery Learning Materi Pokok Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

TUTO, Veronika Ina (2019) Pengaruh Sikap Responsif Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Kimia Yang Menerapkan Model Pembelajarandiscovery Learning Materi Pokok Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan penemuan mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan menarik simpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis pendekatan Discovery Learning lebih menekankan pada pengalaman-pengalaman aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui kegiatan pembelajaran itu, siswa menemukan ide-ide mereka sendiri dan memperoleh makna oleh mereka sendirimelalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement,data collection,data processing, Verification, dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi pada siswa kelas X1 SMA MuhammadiyahKupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana sikap responsif siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana sikap sosial siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap responsif dan sikap sosial siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksipadasiswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh sikap responsif dan sikap sosial siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi pada siswa kelas x1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi pada siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana sikap responsif siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah kupang tahun ajaran 2018/2019? (3) bagaimana sikap sosial siswa kelas x1 sma muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan sikap responsif dan sikap sosail siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi pada siswa kelas X1SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh sikap responsif dan sikap sosial siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019? Dari analisis data diperoleh :(1) Penerapan pendekatan discovery learningefektif pada materi pokok Laju Reaksi pada siswa kelas X1SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 (2) Sikap Responsif siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 81% (3)Sikap Sosial siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77% (4) Ada hubungan antara sikap responsif dan sikap sosial siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksipadasiswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi = 0,746(5) Ada pengaruh antara sikap responsif dan sikap sosial siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learningpada materi pokok lajureaksi pada siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Y=28,948+0,372X1+0,316X2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:40
Last Modified: 08 Jan 2020 04:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item