Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Group Insvestigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK Shanti Karya Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

ULE, Maria Yustina (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Group Insvestigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK Shanti Karya Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)

Abstract

Melalui pendidikan kemampuan manusia terus diasah agar memiliki ketajaman dalam memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sosial. Masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan adalah guru masih menjadi pusat pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan hasil belajar rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peran serta siswa adalah model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK Shanti Karya Kupang tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest (82,14% > 33,57%) dengan peningkatan sebesar 48,57% (tuntas), dengan ketuntasan klasikalnya yaitu 92,86% (tuntas). Ketuntasan indikatornya (Tk ≥75%) yaitu 0,79 (tuntas). Sensitivitas butir soal tuntas dan memiliki efek pembelajaran dengan reratanya yaitu 0,48 >0,30. Reliabilitas aktivitas siswa 93,79% >75% (baik), sedangkan reliabilitas kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran adalah 97,07 (baik). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Group Investigation efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu diharapkan kepada guru biologi untuk menerapkan pendekatan Group Investigation pada materi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Group Investigation, Sistem Gerak Pada Manusia, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:59
Last Modified: 24 Feb 2023 07:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item