Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Muhammadyah Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

NINGSI, Elisabeth (2015) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Muhammadyah Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SMP Muhammadyah Kupang adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang masih sangat memprihatinkan. Permasalahan ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya upaya untuk mengatasinya. Upaya harus terus dilakukan agar tercipta suatu iklim pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa bisa aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Muhammadyah Kupang Tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen. Dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan test kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu tuntas 82,38 (2) Ketuntasan klasikal tuntas 100% (3) Rerata ketuntasan indikator 0,81 (4) Sensitivitas butir soal 0,50 (5) Kemampuan guru termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,55 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase 25,36%. Reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran 99%. Kesimpulannya penerapan rmodel pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Muhammadyah Kupang Tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil belajar, Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:02
Last Modified: 24 Feb 2023 08:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item