Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sel Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

MOLAN, Klara Claudia Tupat (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sel Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar disebabkan karena proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru. Kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran sehingga menyebabkan nilai atau hasil yang rendah. Model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 yang sesuai dengan karateristik peserta didik salah satunya yaitu model discovery learning. Dengan model Discovery Learning peserta didik diharapkan mampu menyimpan pengetahuan lebih lama didalam memorinya karena meraka menemukan sendiri jawabannya dan proses pembelajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik dibandingkan guru hanya sekedar menyampaikan materi dengan ceramah terlebih pada mata pelajaran biologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi Sel di SMA Negeri 4 Kupang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Kontrol Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir soal. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil yang diperoleh bahwa rata-rata posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 82,64, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,92. Berdasarkan hasil uji anacova satu arah diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,000 lebih kecil dari nilai yang di tetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) diterima dan H0 (model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik) ditolah. Berdasarkan hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi sel di SMA Negeri 4 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil belajar, Materi Sel.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Klara Claudia Tupat Molan
Date Deposited: 27 Feb 2023 23:57
Last Modified: 27 Feb 2023 23:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item