Konstruksi Berita Perseteruan Arteria Dahlan Di Bandara (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Media Online Kompas.com edisi 22-25 November 2021)

ANDE, Yoseph Daud Bin Isai (2023) Konstruksi Berita Perseteruan Arteria Dahlan Di Bandara (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada Media Online Kompas.com edisi 22-25 November 2021). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji konstruksi berita peseteruan Arteria Dahlan di Bandara pada media online Kompas.com. Dalam berita tersebut salah satu anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan dijelaskan terlibat adu mulut dengan seorang wanita di Bandara. Arteria Dahlan berusaha membela ibunya yang dibentak oleh wanita tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana media online Kompas.com mengkonstruksi berita dari tanggal 22 sampai 25 November 2021 terkait perseteruan Arteria Dahlan. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh pemahaman tentang cara media online Kompas.com mengkonstruksi berita dari tanggal 22 sampai 25 November 2021 terkait, perseteruan Arteria Dahlan. Konsep yang digunakan yaitu Media online, berita, paradigma konstruksi, analisis framing, dan analisis framing menurut Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki yang meliputi sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah lima berita terkait perseteruan di media online Kompas.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi penelusuran internet dan tangkapan layar berita pada media online Kompas.com yang membahas perseteruan Anggota DPR RI Arteria Dahlan. Setelah itu, peneliti melakukan pengamatan terhadap berita-berita tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berita terkait perseteruan Arteria Dahlan dapat dikatakan sebagai hasil konstruksi. Dimana media online Kompas.com membingkai peristiwa pertersetruan seakan-akan berpihak pada Arteria dari pada perempuan keluarga jenderal TNI. Hal ini dapat dilihat dari cara wartawan yang mengonstruksi berita sangat menonjolkan pernyataan-pernyataan Arteria. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konstruksi berita Kompas.com terkait perseteruan antara ibunda Arteria Dahlan dan wanita yang mengaku sebagai keluarga jenderal TNI, jika ditelaah menggunakan unsur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris—sebagai model framing dari Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki—ditemukan bahwa pemberitaan media online Kompas.com membingkai pihak ibunda Arteria maupun Arteria sebagai pihak yang benar sementara perempuan yang mengaku sebagai keluarga jenderal TNI adalah pihak yang salah. Saran peneliti dari penelitian serupa yang mencoba meneropong bagaimana berita-berita dibingkai menggunakan framing, khususnya model Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki, perlu terus dilakukan agar semakin banyak akses yang mencoba melihat cara konstruksi pemberitaan dalam distribusi informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berita, Framing Pan dan Kosiscki (Sintaksis, Skrip, Tematik, Retoris), Paradigma Konstruksi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Yoseph Daud Bin Isai Ande
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:28
Last Modified: 01 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item