Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK St. Isidorus Besikama Tahun Ajaran 2015/2016

NAHAK, Adolfina Eni Sofiana (2015) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK St. Isidorus Besikama Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan berbagai aspek kehidupan manusia, selain manfaat bagi kehidupan manusia perubahan tersebut juga telah membawa manusia kedalam era persaingan global yang semakin ketat. Pendidikan diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya, yang di dalamnya terdapat pokok bahasan yang memiliki kekhususan krakter dan aspek- aspek yang harus di pahami. SMPK St. Isidorus Besikama adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan KTSP. Namun masalah yang ditemukan guru kurang memberikan motivasi kepada siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK St. Isidorus Besikama Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Desain penelitian yang digunakan One Group Pretest- Postets Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitianya menunjukkan rerata hasil belajar siswa per individu 81,96 (tuntas), dan secara klasikal, tuntas (100%). Rerata indikator 0,91 (tuntas), dan 0,49 (sensitivitas) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 91,75 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,25 (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka disimpulkan bahwa penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui pendekatan Student Team Achievement Division Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMPK St. Isidorus Besikama Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Student Team Achievement Division, hasil belajar, sistem gerak pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:41
Last Modified: 28 Feb 2023 03:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item