Efektivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Mengintegrasikan Strategi Belajar Peta Konsep (Concept Mapping) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

BONE, Elisabeth A (2019) Efektivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Mengintegrasikan Strategi Belajar Peta Konsep (Concept Mapping) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)

Abstract

Strategi belajar peta konsep merupakan suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proporsisi-proporsisi suatu bidang studi, apakah itu bidang studi fisika, kimia, biologi, dan matematika. Sedangkan strategi belajar menggaris bawahi merupakan strategi yang membantu peserta didik belajar lebih banyak dari teks karena beberapa alasan Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan strategi belajar tipe concept mapping (peta konsep) pada Materi Pokok sistem koloid Peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan strategi belajar tipe concept mapping (peta konsep) pada Materi Pokok sistem koloid Peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui efektivitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan strategi belajar tipe concept mapping (peta konsep) pada Materi Pokok sistem koloid Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.(2) Mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan strategi belajar tipe concept mapping (peta konsep)) pada Materi Pokok sistem koloid Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Efektifitas pembelajaran penerapan pendekatan inkuiri terbimbing (a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 3,90.( b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi: Ketuntasan indikator aspek pengetahuan (KI 3) yang diperoleh dari indikator THB soal essay sebesar 0,81 dinyatakan tuntas.Ketuntasan indikator aspek keterampilan (KI 4) yang diperoleh dari indikator psikomotor sebesar 0,89 dinyatakan tuntas. (c) Ketuntasan hasil belajar meliputi :Ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan (KI 3) yang diperoleh melalui kuis, tugas dan ulangan dengan rata-rata sebesar 83,18 dinyatakan tuntas.Ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI-4) yang diperoleh melalui psikomotor, presentasi, portofolio, kinerja proses dan hasil karya dengan rata-rata sebesar 83,20 dinyatakan tuntas.Ketuntasan Hasil belajar keseluruhan yang diperoleh sebesar 84,14 dan dinyatakan tuntas.Strategi belajarpesert adidik XI MIPA SMA Negeri 5 KupangTahunAjaran 2018/2019 dengan nilai tertinggi adalah strategi belajar peta konsep yaitu 96. Dengan melihat bahwa adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada pendekatan inkuiri terbimbing dengan mengintegrasikan staretegi belajar peta konsep agar guru menggunakan strategi belajar yang bisa meningkatkan hasil belajar. Pendekatan inkuiri terbimbing juga memberi hasil yang sangat baik bagi hasil belajar peserta didik, oleh karena itu pendekatan inkuiri terbimbing ini bisa lebih sering diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Strategi Belajar Peta Konsep, Hasil Belajar Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:30
Last Modified: 08 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item