Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

NGGAPIL, Marselina (2015) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran IPA (terutama biologi) di SMP adalah agar siswa menguasai berbagai konsep dan prinsip IPA untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Guru biologi yang berhasil adalah guru yang mampu menguasai model pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assited Individualization efektif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assited Individualization Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Desaign dan analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor kemampuan guru 3,53 (baik), (2) persentase aktivitas siswa dengan aktivitas yang paling menonjol adalah bertanya (71,35%), (3) proporsi indikator ratarata 0,79 dan Sensivitas butir soal 0,42 (sensitif), (4) reliabilitas instrumen pengelolahan pembelajaran 97, (5) hasil belajar siswa saat pemberian pre-test 38,54% setelah diberikan post-test hasilnya meningkat menjadi 83,75% dan rata-rata peningkatannya 45% (tuntas) dengan ketuntasan klasikalnya 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assited Individualization Efektif Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa kelas VII materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Teams Assited Individualization, Klasifikasi Makhluk Hidup, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:43
Last Modified: 28 Feb 2023 03:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item