Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pengembangan Kegiatan Tenun Ikat Di Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka.

FREITAS, Febriany (2023) Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Pengembangan Kegiatan Tenun Ikat Di Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (630kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Efektivitas Penggunaan Alokasi Dana Desa Dalam Pengembangan Kegiatan Tenun Ikat di Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan alokasi dana desa dalam pengembangan kegiatan tenun ikat di Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan alokasi dana desa dalam pengembangan kegiatan tenun ikat di Desa Alas, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. Penelitian ini menggunakan teori dari Cambel J.P (1989:121) dimana terdapat empat indikator dari efektivitas yaitu keberhasilan Program, Ketetapatan Sasaran, Kepuasan terhadap Program, tingkat Input dan Output. Untuk memperoleh gambaran efektivitas efektivitas penggunaan alokasi dana desa di Desa Alas, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari Kantor Desa Alas dan instansi terkait dengan penelitian ini. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kelompok Tenun Ikat. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Efektivitas Penggunaan Alokasi Dana Desa Dalam Pengembangan Kegiatan Tenun Ikat di Desa Alas, belum berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan tingkat output lebih besar daripada input sehingga penggunaan alokasi dana desa tidak efektivitas dalam pengembangan kegiatan tenun ikat di desa alas Faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi efektivitas alokasi dana desa dalam pengembagan kegiatan tenun ikat di desa alas yaitu faktor kealihan menenun dan alokasi dana desa untuk pengembagan tenun ikat, sedangkan faktor penghambat yaitu dilihat dari kurangnya strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Febriany Freitas
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:48
Last Modified: 01 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item