Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 5 Kupang

SABON, Stefanus Ola (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 5 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMAN 5 Kupang masih rendah, hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran pemahaman siswa terhadap konsep biologi adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 5 Kupang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada pretest dan posttest pada kelas yang menggunakan model problem based learning yaitu dari 43,75 menjadi 75,52 sehingga di peroleh peningkatan nilai 37 serta nilai N-Gain 0,36 sedangkan untuk rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas yang menerapkan pembelajaran langsung yaitu 36,95 menjadi 51,95 peningkatan nilai ini sebesar 21,52 serta nilai N-Gain 0,34 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMAN 5 Kupang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Materi keanekaragaman hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Stefanus Ola Sabon
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:11
Last Modified: 02 Mar 2023 03:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item