Uji Efektivitas Pendekatan Student Teams Achievement Division Dalam Model Pembelajar Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

SERAN, Adelgunda R. (2015) Uji Efektivitas Pendekatan Student Teams Achievement Division Dalam Model Pembelajar Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)

Abstract

Pendidikan sebagai usaha sadar yang sistematis selalu bertolak dari sejumlah landasan serta mengindahkan sejumlah asas-asas tertentu. masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran di sekolah masih ada yang menggunakan cara konvesional dalam mengajar atau yang lebih dikenal dengan ceramah. Hal ini mengakibatkan dalam proses pembelajaran, siswa kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Student Team Achievement Divisio Dalam Model Pembelajar Kooperatif Pada Materi Pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015 /2016. Subyek penelitian adalah kelas VII A SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015 /2016.Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest- Postets Design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Data ianalisis dengan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest (77,95% > 27,95%) dengan peningkatan sebesar 50% (tuntas), dengan ketuntasan klasikalnya yaitu 95,45% (tuntas). Ketuntasan indikatornya (Tk ≥75%) yaitu 0,77 (tuntas). Sensitivitas butir soal dan memiliki efek pembelajaran dengan rerata yaitu 0,50>0,30. Reliabilitas aktivitas siswa 95,35% >75% (baik), sedangkan reliabilitas kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran adalah 97 (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan dari penelitian ini Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Student Teams Achievement efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu diharapkan kepada guru biologi untuk menerapkan pendekatan Student Teams Achievement pada materi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pendekatan Student Teams Achievement Divisio Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Ciri-ciri Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:29
Last Modified: 01 Mar 2023 03:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12116

Actions (login required)

View Item View Item