Uji Daya Antibakteri Ekstrak Buah Pinang (Areca Catechu) Dengan Metode Difusi Terhadap Pertumbuhan Bakteri Salmonella Typhi Secara In Vitro

MEO, Tantiana (2015) Uji Daya Antibakteri Ekstrak Buah Pinang (Areca Catechu) Dengan Metode Difusi Terhadap Pertumbuhan Bakteri Salmonella Typhi Secara In Vitro. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)

Abstract

Komunitas masyarakat Oeba kecamatan kota lama menggunakan buah pinang sebagai obat alternatif dalam menyembuhkan penyakit diare. Rebusannya airnya dapat diminum untuk menyembuhkan penyakit diare. Apabila hal ini benar, perlu dibuktikan melalui penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan khasiat ekstrak buah pinang, dalam memyembuhkan penyakit diare, melalui indikator bakteriostatik dan atau bakteriosida secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Dengan memgunakan rancangan acak lengkap (RAL), 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan pola the post test only control group design. Data yang didapatkan dianalisis dengan mengunakan standar plate count (SPC). Hasil penelitian dengan 5 tingkat konsentrasi yang di tentukan yaitu: dengan 4 perlakuan P1=25%, P2=50%, P3=75%, P4=100% dan 0% aquades, yang menunjukkan bahwa ekstrak buah pinang pada konsetrasi 0%-50% memiliki kemampuan sebagai bakteriostatik (menghambat) dan pada perlakuan 75%-100% memiliki kemampuan sebagai bakteriosida (membunuh) dimana pada medium pertumbuhan tidak terdapat koloni bakteri Salmonella typhi, ini berarti ekstrak buah pinang dapat menyembukan penyakit diare. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah secara laboratorium terbukti bahwa buah pinang memiliki daya antibakteri (antimikroba) pada konsentrasi 25%-50% (menghambat) dan pada konsentrasi 75%-100% sebagai bakteriosida (membunuh), dalam hal ini terbukti bahwa ekstrak buah pinang dapat menyembuhkan penyakit diare yang di sebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: \Ekstrak buah pinang (Areca catechu), Antibakteri, Salmonella typhi in vitro.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:29
Last Modified: 01 Mar 2023 03:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12117

Actions (login required)

View Item View Item