Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Salam (Syzygium Polyanthum) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Secara In Vitro

LELU, Agnes (2015) Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Salam (Syzygium Polyanthum) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Secara In Vitro. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)

Abstract

Ada komunitas masyarakat di desa Langedhawe menggunakan daun salam yang sudah dihaluskan untuk mengobati dan menyembuhkan sariawan dengan cara kumur. Namun apakah hal ini benar, perlu dibuktikan melalui penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) memiliki kemampuan untuk menghambat dan atau membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan (P1= 25%, P2=50%, P3=75%, P4= 100%) dan 2 kontrol yaitu aquades = kontrol negatif dan ampicilin = kontrol positif yang diulang sebanyak 3 kali. Metode pengumpulan data menggunakan metode difusi cakram, dengan data yang dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) berpengaruh sebagai antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus secara signifikan pada uji BNT 1%. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah esktrak daun salam (Syzygium polyanthum) berpengaruh sebagai anti bakteri terhadap Staphylococcus aureus secara In Vitro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anti bakteri, Ekstrak, daun salam (Syzygium polyanthum Staphylococcus aureus, In Vitro
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:30
Last Modified: 01 Mar 2023 03:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item