Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

HAYON, Agnes S. (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)

Abstract

Masalah Yang Dihadapi Di SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Adalah Hasil Belajar IPA Biologi Masih Rendah. Hal Ini Disebabkan Oleh Berbagai Faktor Seperti Kurang Aktifnya Siswa Dalam Pembelajaran. Kemungkinan Besar Metode Pembelajaran Belum Tepat. Dalam Hal Ini Siswa Tidak Diajarkan Strategi Belajar Yang Dapat Memahami Bagaimana Cara Belajar Yang Baik, Berpikir Kritis Dan Kreatif. Salah Satu Model Pembelajaran Yang Dapat Dipakai Untuk Merangsang Minat Belajar Siswa Adalah Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Snowball Throwing. Tetapi Terhadap Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Apakah Snowball Throwing Juga Efektif Terhadap Hasil Pembelajaran. Oleh Karena Itu Perlu Dilakukan Penelitian. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Tempat Penelitian Di SMPK Santa Maria Assumpta Kupang, Subyek Penelitiannya Adalah Siswa Kelas VII, Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Pra Eksperimen Dengan Desainnya Adalah One Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Observasi Dan Tes Kemudian Data Dianalisis Dengan Menggunakan Teknik Analisis Deskriptif. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Rata-Rata Perolehan Nilai Tes Hasil Belajar Mengalami Peningkatan Yang Signifikan Yaitu Dari Kisaran Nilai 25,24 Pada Uji Awal Meningkat Menjadi 83,33 Pada Uji Akhir. Secara Klasikal Seluruh Siswa Kelas VII Dikatakan Tuntas Dengan Pencapaian Ketuntasannya 90,48% Dan Dari Dua Indikator Pembelajaran Yang Ingin Dicapai Dengan Proporsi Ketuntasan Indikator Rata-Ratanya Mencapai 0,84. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Snowball Throwing Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Snowball Throwing, Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:30
Last Modified: 01 Mar 2023 03:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12120

Actions (login required)

View Item View Item