Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

PODU, Kristina Natalia (2015) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SMP Swasta Beringin Kupang adalah hasil belajar IPA Biologi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar,sarana dan prasarana kurang memadai dan siswa lebih banyak mendengar ceramah guru. Oleh karena itu diperlukan salah satu solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together, yang dirasa lebih efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desainnya adalah One Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 81,94% (2) Ketuntasan klasikal 94,44% (3) Ketuntasan indikator 0,83 (4) Rekapitulasi hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,48 (5) Rekapitulasi persentase hasil pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together pada saat mengerjakan LKS 18,52%, memperhatikan penjelasan guru sekitar 17,68%, membaca buku siawa 17,15%, menyimpulkan pelajaran 17,00%, mengajukan pertanyaan 15,37%,dan memberikan respon dalam menjawab pertanyaan serta memberi tanggapan 14,54%. (6) Presentase reliabilitas instrumen pengamatan kemampuan guru 97,58 dan Presentase reliabilitas instrumen pengamatan aktivitas siswa 89,33. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Swasta Beringin Kupang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Pada Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:31
Last Modified: 01 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12122

Actions (login required)

View Item View Item