Uji Daya Antimikroba Ekstrak Daun Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) Dengan Metode Dilusi Terhadap Bakteri Escherichia Coli Secara In Vitro

MISSA, Anisia Novita (2015) Uji Daya Antimikroba Ekstrak Daun Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) Dengan Metode Dilusi Terhadap Bakteri Escherichia Coli Secara In Vitro. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)

Abstract

Masyarakat kabupaten Malaka setiap tahunnya sering mengalami bencana banjir pada saat musim hujan tiba. Khususnya didaerah-daerah tertentu,seperti Bolan dan Besikama. Dengan adanya banjir ini dapat menyebabkan penyediaan air bersih pada daerah tersebut menjadi kurang memadai atau air bersih tercemari. Hal ini sangat berbahaya karena akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti diare. Keadaan seperti ini membuat masyarakat setempat kewalahan untuk mencari tempat pengobatan, apalagi penyediaan obat di PUSKESMAS terbatas. Dengan demikiian penulis sekedar menginformasikan kepada masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang sering terkena banjir dan renttan terhadap diare. Untuk kembali menggunakan obat tradisional daun jeruk nipis yang berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit diare. Untuk membuktiikan pernyataan tersebut maka penulis melakukan penelitian ilmiah terhadap daun jeruk nipis. Bukti dari penelitian ini adalah ekstrak daun jeruk nipis dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan bakteri Escherichia coli yang menyebabkan penyakit diare.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan ekstrak daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) sebagai antibakteri terhadap Escherichia coli secara in vitro. Penelitian ini merupakan eksperimen laboratorium dengan rancangan acak lengkap (RAL). Menggunakan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan (P1=25%, P2=50%, P3=75%, P4=100%) dengan pola Post test-Only Control Group Design. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2015 di Laboratorium Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan Standar Plate Count (SPC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) berpengaruh sebagai antibakteri terhadap Escherichia coli secara in vitro. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah ekstrak daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mempunyai kemampuan sebagai bakteriostatik maupun bakterisida.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Ekstrak, Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia), Escherichia coli, In Vitro.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:32
Last Modified: 01 Mar 2023 03:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item