Uji Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Pengaruh Manusia Di Dalam Ekosistem Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015

HOAR, Yeni Erfina (2015) Uji Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Pengaruh Manusia Di Dalam Ekosistem Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Suatu pembelajaran itu akan efektif ketika pembelajaran itu diperan oleh guru yang mampu dengan tingkat partisipasi siswa yang tinggi dan berdampak pada hasil belajar yang tinggi. Fakta di SMP Surya Mandala Kupang terlihat antusiaisme yang rendah kurang partisipatif yang berkonsekuensi pada hasil belajar yang rendah. Secara teoritis, pembelajaran kontekstual dapat mengoptimalkan keterlibatan siswa, bila di pandu oleh guru yang paham dan terampil dengan pembelajaran kontekstual . Apakah hal ini dapat terjadi di SMP Surya Mandala, perlu dibuktikan melalui penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Pengaruh Manusia Di Dalam Ekosistem Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan one group pretest-postest design. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 81,25 (tuntas) dan secara klasikal 95% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,816 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,45 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 92,86% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,80 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,8% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi pokok pengaruh manusia di dalam ekosistem di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Kontekstual, Pengaruh Manusia Di Dalam Ekosistem, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:34
Last Modified: 01 Mar 2023 03:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item