FALLO, Reynelda Clara (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMP Agape Indah Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (224kB) |
Abstract
Masalah yang ditemukan dari penelitian ini karena adanya beberapa kendala yang ditemukan di SMP Agape Indah Kupang.Salah satunya adalah siswa kurang serius dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Hal ini disebabkan karena guru mengajar dengan menggunakan pola lama sehingga guru masih menjadi pusat pembelajaran. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperaf melalui pendekatan STAD.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan STAD, terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Agape Indah Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen, dengan pola perlakuan OneGroup Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelian menunjukan (1) skor rata-rata dalam kemampun guru dalam mengelola pembelajaran (3,43) dan reliabilitas instrument adalah (95,67) (2) aktivitas siswa dalam kegiatan pembeljaran dengan pendekatan pendekatan Student Teams Achievement Division bahwa rata-rata aktivitas siswa untuk RPP 01 (93,46)dan RPP 02 adalah (94,71). (3) sensitivitas menunjukan bahwa rata-rata sensitivitasnya (0,39) sehungga mempunyai efek dalam pembelajaran (4) ketuntasan hasil belajar siswa secara indivudu menunjukan bahwa ketuntasanya (88,44) sedangkan ketuntasan secara klasikalnya sebesa (100%) tuntas dan (5) ketuntasan hasil belajar menunjukan bahwa proporsi indikator hasil belajar menunjukan bahwa proporsi indikator ketuntasanya adalah (0,88) tuntas. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koooperatif pendekatanSTAD efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Agape Indah Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kooperatif, Pendekatan Student Teams Achievemen,t Sistem Pencernaan Pada Manusia, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 03:36 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 03:36 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12129 |
Actions (login required)
View Item |