Uji Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Kristen Tunas Efata Satu Atap Oelkuku Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

TLOEN, Nordis Yuniati (2015) Uji Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Kristen Tunas Efata Satu Atap Oelkuku Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SMP Kristen Tunas Efata Satu Atap Oelkuku adalah hasil belajar IPA Biologi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Kemungkinan besar metode pembelajaran belum tepat. Oleh karena itu ditawarkan solusi berupa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan STAD. Tetapi terhadap materi pokok organisasi kehidupan, apakah STAD juga efektif terhadap hasil pembelajaran. Berdasarkan data yang tersedia belum cukup mencapai standar ketuntasan minimum (SKM). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan Di SMP Kristen Tunas Efata Satu Atap Oelkuku Tahun ajaran 2015/2016. Tempat penelitian di SMP Kristen Tunas Efata Satu Atap Oelkuku, Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII, Jenis penelitian yang digunakan adalah praeksperimen dengan desainnya adalah One Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata perolehan nilai tes hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari kisaran nilai 32,5 pada uji awal meningkat menjadi 86,66 pada uji akhir. Secara klasikal seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 24 orang dikatakan tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 91,66% dan dari kelima indikator pembelajaran yang ingin dicapai dengan proporsi ketuntasan indikator rata-ratanya mencapai 0,87. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Ahievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok organisasi kehidupan di SMP Kristen Tunas Efata Satu Atap Oelkuku tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Student Teams Achievement Division, Organisasi Kehidupan, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:41
Last Modified: 01 Mar 2023 03:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12133

Actions (login required)

View Item View Item