Uji Kualitas Kimia, Fisika, dan Biologi Pada Sumber Mata Air Oe Kiu di Desa Soba Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang

NALI, Maria Imakulata (2021) Uji Kualitas Kimia, Fisika, dan Biologi Pada Sumber Mata Air Oe Kiu di Desa Soba Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (339kB)

Abstract

Mata air merupakan sumber air yang keluar dengan sendirinya dari dalam tanah kepermukaan. Kualitas mata air tergantung dari lapisan mineral tanah yang dilaluinya. Sebagai sumber air minum masyarakat, maka harus memenuhi beberapa aspek khususnya kualitas yang memenuhi syarat kualitas Kimia, Fisika dan Biologi. Mata air Oe Kiu merupakan mata air yang dekat dengan pemukiman masyarakat sehingga mata air ini menjadi pusat penggunaan air bersih baik untuk keperluan rumah tangga seperti memasak, minum, mandi, dan mencuci. Adapun aktivitas masyarakat disekitar mata air yang dapat mencemari mata air itu sendiri seperti mandi, mencuci, dan pembuangan sampah plastik, pembuangan limbah detergen. Mata air Oe Kiu terletak di Desa Soba Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Penelitian ini bertujuan mengetahui Kualitas Kimia, Fisika, dan Biologi pada sumber mata air Oe Kiu di Desa Soba Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kimiawi, 9 parameter yang memenuhi baku mutu ialah parameter Fosfat (0,1 mg/L), Fenol (0,002 µg/L), Khlorida (13,06 mg/L), Sianida (0,029 mg/L), Kesadahan (116 mg/L), Belerang sebagai H2S (0,001 mg/L), pH (7,1), DO (Demand Oxygen) (6,25 mg/L) dan Clorin bebas (Cl2) (0,017 mg/L). Sedangkan 1 parameter yang tidak memenuhi baku mutu ialah parameter COD (Chemical Oxygen Demand) (81,8). Secara Fisika, kelima parameter yaitu parameter Suhu (27°C), TDS(Total Disollved Solid) (292 mg/L), DHL(Daya Hantar Listrik) (549 µS/cm), Kekeruhan (1,8 NTU), dan Salinitas (O,2 %o) dapat memenuhi baku mutu. Secara Biologi kedua parameter yaitu fecal coliform(490 Jml/100 mL)dan total coliform (1700 Jml/100 mL ) tidak memenuhi baku mutu dan tidak layak konsumsi. Hal ini mengindikasikan bahwa mata air Oe Kiu tidak memenuhi baku mutu dan tidak layak dikonsumsi masyarakat Soba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Mata air, Desa Soba.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:39
Last Modified: 01 Mar 2023 03:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item