Pengaruh Model Pembelajaran Strategi Belajar Think Pair Share(TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 20 Kupang Materi Sistem Pernapasan Manusia Tahun Pelajaran 2022/2023

WATU, Maria Herlina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Strategi Belajar Think Pair Share(TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 20 Kupang Materi Sistem Pernapasan Manusia Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, masalah yang ditemukan adalah hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa tidak ikut dilibatkan. Solusinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa adalah model pembelajaran Diskusi Kelas Strategi Belajar Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 20 Kupang,Kecamatan Kelapa Lima Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 78,39 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,18. Hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar siswa ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran diskusi kelas strategi belajar Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 20 Kupang,Kecamatan Kelapa Lima Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Strategi Belajar Think Pair Share, Hasil Belajar, Materi Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Maria Herlina Watu
Date Deposited: 02 Mar 2023 00:26
Last Modified: 02 Mar 2023 00:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item