Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA Terhadap Materi Pokok Virus Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

WEKING, Maria Yosefina Ema (2015) Penerapan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA Terhadap Materi Pokok Virus Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan berpengaruh terhadap sistem pembelajaran yang berkualitas dan bermutu. Selain itu masalah yang ada di dunia pendidikan semakin bertambah dan semakin kompleks kaerena pendidikan dituntut untuk mengalami kemajuan dari berbagai segi. Untuk mendapatkan hasil belajar yang berkualitas dan bermutu perlu dilakukan perbaikan, perubahan dan pembaharuan dalam sistem pembelajaran. Salah satu faktor rendahnya pencapaian hasil belajar disebabkan kurangnya fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa cenderung pasif, cepat bosan dan tidak terlalu menaruh perhatian terhadap pembelajaran, akibatnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan guru kurang optimal. Salah satu perubahan yang dapat diberikan adalah melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual. Media audio visual merupakan media pandang dengar yang menyajikan bahan ajar kepada siswa semakin lengkap dan optimal. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA melalui penerapan media audio visual dalam pembelajaran langsung terhadap Materi Pokok Virus di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-postest design. Data dikumpulkan melalui tes dan obsevasi. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 86,81 (tuntas) dan secara klasikal, 100% (tuntas). Rerata indikator 0,87 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,45 (sensitif). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media audio visual dalam pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA terhadap materi pokok virus di SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, Model Pembelajaran Langsung, Virus, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:14
Last Modified: 02 Mar 2023 06:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item View Item