Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

MALO, Yustina Serevina (2015) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan adalah guru masih menjadi pusat pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir, hal ini mengakibatkan kelas menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peran serta siswa adalah model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem pernapasan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Adhyaksa 2 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Data dikumpul dengan observasi dan test, serta dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa pada saat posttest lebih besar dari pada saat pretest yaitu (86 > 33,13) dengan peningkatan sebesar 53 (tuntas), ketuntasan klasikalnya yaitu 93,75% (tuntas). Ketuntasan indikatornya (Tk ≥75) yaitu 0,83 (tuntas), dan Sensitivitas butir soal 0,52 > 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas aktivitas siswa 94,21 > 75 (baik), sedangkan reliabilitas kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 99,39 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Think Pair Share, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:17
Last Modified: 02 Mar 2023 06:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12178

Actions (login required)

View Item View Item