Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Penyajian Data Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas XI-IPA 1 SMK Sint. Carolus Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

IBON, Mariana (2018) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Penyajian Data Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrolisis Garam Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas XI-IPA 1 SMK Sint. Carolus Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning pada dasarnya mengacu padapendapat Bruner yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan penemuan mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan menarik simpulan dari prinsip-prinsip umum berdasarkan pengalaman dan kegiatan praktis pendekatan Discovery Learning lebih menekankan pada pengalamanpengalaman aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui kegiatan pembelajaran itu, siswa menemukan ide-ide mereka sendiri dan memperoleh makna oleh mereka sendiri melalui tahapan-tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, Verification,dan generalization. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan penyajian data peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kemampuan verbal dan kemampuan penyajian data peserta didik dengan hasil belajar yang xi menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan penyajian data peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan verbal peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan penyajian data peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kemampuan verbal dan kemampuan penyajian data peserta didik dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan penyajian data peserta didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018? Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) kemampuan verbal dan kemampuan penyajian data siswa XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Kupang termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 85 (3) Kemampuan Penyajian Datasiswa kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 87,4 (4) Ada hubungan antara kemampuan verbal dan Kemampuan Penyajian Data siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien xii korelasi = 0,549 (5) Ada pengaruh antara kemampuan verbal dan Kemampuan Penyajian Data Peserta Didik terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok hidrolisis garam Peserta Didik kelas XI IPA 1 SMAK Sint. Carolus Penfui Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 31,07 + 0,61 + 0,09.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:24
Last Modified: 02 Mar 2023 06:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12187

Actions (login required)

View Item View Item