Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Termokimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

BRIA, Getrudis (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Termokimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Kristen I Kupang. Pendekatan inkuiri merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen I Kupang. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang . Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan lembar angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, lembar observasi presentasi, lembar observasi portofolio dan THB proses untuk aspek ketrampilan (KI 4), lembar angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok termokimia peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (2a) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia dengan korelasi pearson product moment (r) 0.476 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 23 (3a) Ada pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia dengan persamaan regresi yang diperoleh 39.713 0.632 X1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:25
Last Modified: 02 Mar 2023 06:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12188

Actions (login required)

View Item View Item