Pengaruh Kejujuran Dan Kemampuan Sintesis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

LEUHAPU, Videlia Yulia Bunga (2018) Pengaruh Kejujuran Dan Kemampuan Sintesis Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Absrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1 fix.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2 fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf

Download (150kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa siswa hendaknya belajar melalui partisipasi secara aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, agar mereka memperoleh pengalaman, dan melakukan eksperimen-eksperimen yang mengizinkan mereka untuk menemukan prinsip-prinsip itu sendiri. Proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan, mengorintasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa dalam belajar, membimbing penyelidikan siswa, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kejujuran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan sintesis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kejujuran dan kemampuan sintesis siswa dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi pokos sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kejujuran dan kemampuan sintesis siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui kejujuran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan sintesis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kejujuran dan kemampuan sintesis siswa dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kejujuran dan kemampuan sintesis siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif pada materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Kejujuran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 87% (3) Kemampuan sintesis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata hasil yang diperoleh adalah 83 (4) Ada hubungan antara kejujuran dan kemampuan sintesis siswa dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,976223 (5) Ada pengaruh antara kejujuran dan kemampuan sintesis siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok sisteem koloid siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 22,5518765+ 0.10660656X1 + 0,43326689X2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:26
Last Modified: 02 Mar 2023 06:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12192

Actions (login required)

View Item View Item