Pengaruh Sikap Proaktif Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

TALAN, Angeluciana E. (2018) Pengaruh Sikap Proaktif Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (971kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 5 Kupang. Pendekatan discovery learning merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk mengembangkan cara belajar siswa yang aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Dengan pembelajaran ini, anak juga bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan sendiri problem yang dihadapi. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pendekatan discovery learning terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui sikap proaktif dan kemampuan numerik peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sikap proaktif dan kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek keterampilan (KI 4), lembar angket sikap proaktif dan soal tes kemampuan numerik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan discovery learning efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2a) Ada hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan korelasi pearson product moment (r) 0,911 yang masuk dalam tingkat hubungan yang sangat kuat dan memberi kontribusi sebesar 83%. (2b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan korelasi pearson product moment (r) 0,883 yang masuk dalam tingkat hubungan yang sangat kuat dan memberi kontribusi sebesar 77,9 %. (2c) Ada hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik peserta didik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan korelasi 0,948 yang masuk dalam tingkat hubungan yang sangat kuat dan memberi kontribusi sebesar 89,9 %. (3a) Ada pengaruh sikap proaktif yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan persamaan regresi yang diperoleh Y =a+bX1= 16,918+0,828 (X1). (3b) Ada pengaruh kemampuan numerik yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan persamaan regresi yang diperoleh Y =a+bX2= 26,810+ 0,723 X2 . (3c) Ada pengaruh kemampuan sikap proaktif dan kemampuan numerik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan persamaan regresi ganda Y =a+b1X1+b2X2=13,625 + 0,517 X1 + 0,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Proaktif, Kemampuan Numerik, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:35
Last Modified: 02 Mar 2023 06:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item