Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPN 4 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

TUNJAAS, Rini Aryuni Ina (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPN 4 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk melihat keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran yang disampaikan selama pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Kupang Tengah masih rendah, hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep biologi adalah menggunakan model Discovery Learning. Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 4 Kupang Tengah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen pretest sebesar 45,42 sedangkan postest sebesar 82,71.rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol preetes 42,17 sedangkan postes 51,59 Hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan pada pengaruh Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 4 Kupang Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning Hasil belajar, Materi Klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Rini Ariyuni Ina Tunjaas
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:40
Last Modified: 03 Mar 2023 01:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item