Pengaruh Penerapan Model Problem Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

MENORA, Sinta (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (277kB)

Abstract

Dalam menghadapi permasalahan yaitu dibutuhkan suatu inovasi model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik agar lebih maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Problem Bassed Learning.Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi Di SMA N 4 Kupang masih rendah, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik. dengan menggunakan model Problem Bassed Learning. Agar hasil belajar peserta didik meningkat, solusinya adalah dengan menerapkan model problem bassed learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model problem bassed learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 4 Kupang Tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penilitian ini adalah semua peserta didik kelas X IPA 1 – X IPA 3 Di SMA Negeri 4 Kupang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik porposive sampling dan diperoleh kelas X IPA 2 sebagai kelas Eksperimen (30 orang) dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol (30 orang). Hasil penelitian, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan model problem bassed learning pada pretest yakni, 51,5 dengan peningkatan 87, 33 setelah diberi post-test. Sedangkan Pada kelas control di peroleh nilai pre-test 43,33 dan meningkat menjadi 67,17. Setelah diberi post-test. Jumlah peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen 100 % dan yang tidak tuntas berjumlah 0 %. Pada kelas control, jumlah peserta didik yang tuntas 33 % dan yang tidak tuntas berjumlah 66 %. Berdasarkan hasil uji Anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig) 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model Pembelajaran Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Problem Bassed Learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Bassed Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 4 Kupang Tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Bassed Learning, Hasil Belajar, Materi Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Sinta Menora
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:53
Last Modified: 03 Mar 2023 01:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item