Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sistesm Peredaran Darah Pada Manusia Di SMA Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2020/2023

SELAN, Joltaneran Heberson (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sistesm Peredaran Darah Pada Manusia Di SMA Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2020/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (976kB)

Abstract

Rendah hasil belajar peserta didik disebabkan karena guru lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan keterlibatan peserta didik sangat kecil biasanya menggunakan model ceramah. Sehingga hal ini membuat peserta didik menjadi bosan dan hanya sekedar mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru tanpa merasa tertantang untuk mencari informasi lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kelas yaitu model discovery learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di SMA Negeri 3 Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 45,28 meningkat menjadi 81,81 setelah diberi posttest. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest 41,94 meningkat menjadi 75,28 setelah diberi posttest. Jumlah peserta didik yang tuntas pada kelas eksperimen adalah 83,33% dan yang tidak tuntas berjumlah 16,67 %. Pada kelas kontrol jumlah peserta didik yang tuntas adalah 61,11% dan yang tidak tuntas berjumlah 38,89%. Berdasarkan hasil uji anacova satu arah diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,012 lebih kecil dari nilai yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik) diterima dan H0 (model discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik) ditolak. Disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA pada materi sistem peredaran darah pada manusai di SMA Negeri 3 Kupang Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil belajar biologi, Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Joltaneran Heberson Selan
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:58
Last Modified: 03 Mar 2023 01:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12236

Actions (login required)

View Item View Item