Pengaruh Sikap Inovatif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Tahun Ajaran 2017/2018

ELFRIDA, Karmelia (2018) Pengaruh Sikap Inovatif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Sistem Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)

Abstract

Sikap inovatif merupakan sikap yang ditunjukan oleh masing-masing peserta didik dalam menerima pelajaran. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan.Pendekatan Contextual Teaching and Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektivitas efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. 2) Bagaimana sikap inovatif peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri I Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. 2)Mengetahui sikap Inovatif peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. 2) Mengetahui sikap inovatif peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. 3) Mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. 4) Mengetahui ada tidaknya hubungan :a) Sikap inovatif terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and L earning pada materi pokok system koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. b) Kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi Kupang tahun pelajaran 2017/2018. c) Sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. 5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh: a) Sikap inovatif terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok system koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Nege ri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. b)Kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. c) Sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Amarasi tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan program SPSS versi 16 dan secara manual. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning efektif pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI ipa 1 SMA negeri 1 Amarasi. a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,70 termasuk dalam kategori baik. b) Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata observasi dan angket sebesar 0,87 dan 0,84, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata observasi dan angket sebesar 0.88 dan 0.93, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0.92, Ketuntasan indikator hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata psikomotor, portofolio, presentasi, dan THB proses sebesar 0.88, 0.96, 0.84, dan 0.90. (c) Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning meliputi: Ketuntasan hasil belajar sikap spritual (KI 1) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 86,41, Ketuntasan hasil belajar sikap sosial (KI 2) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 81,07, Ketuntasan hasil belajar kognitif (KI 3) dengan nilai rata-rata 83,07, Ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan (KI 4) dengan nilai rata-rata 86,73. (2) Sikap inovatif peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 baik dengan presentase rata-rata sebesar 88%. (3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 79. (4). a) Ada hubungan antara sikap inovatif dengan hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid pesesrta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,972 dan nilai thitung> ttabel (21,60753 > 2,0395). b) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi =0,982 dan nilai thitung> ttabel(27,3283> 2,0355). c) Ada hubungan antara sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi rx1x2Y =0,99 dan nilai Fhitung> Ftabel (13,000 > 3,2776). (5). a) Ada pengaruh antara sikap inovatif terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 1,39104369 + 0,9839 dan nilai Fhitung> Ftabel (9,6361>3,315). b) Ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ =8,330+ 0,754053+1,0964X2) dan nilai Fhitung> Ftabel (20,945> 3,315829 ). c) Ada pengaruh antara sikap inovatif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI IPA 1 SMA NEGERI 1 Amarasi tahun pelajaran 2017/2018 Ŷ=7201,421+ , 351(X1) + 0,702(X2) dan nilai Fhitung> Ftabel (13,0001>3,32765)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap inovatif, Kemampuan berpikir kritis, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Sistem Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:07
Last Modified: 03 Mar 2023 01:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item View Item