RENGKONG, Katharina Y. (2018) Pengaruh Kejujuran Dan Kemampuan Sintesis Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga Yang Menerapkan Pendekatan Scientific Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (137kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada dasarnya mengacu pada pendapat Bruner yang menyatakan bahwa siswa hendaknya belajar melalui partisipasi secara aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, agar mereka memperoleh pengalaman, dan melakukan eksperimen-eksperimen yang mengizinkan mereka untuk menemukan prinsip-prinsip itu sendiri. Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kejujuran siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan sintesis siswa kelas XI IPA 1SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kejujuran dan kemampuan sintesis siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kejujuran dan kemampuan sintesis siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui kejujuran siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan sintesis siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan kejujuran dan kemampuan sintesis siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kejujuran dan kemampuan sintesis siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Kejujuran siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 76% (3) Kemampuan sintesis siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata kemampuan penalaran sebesar 72 (4) Ada hubungan antara kejujuran dan kemampuan sintesis siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,8797 (5) Ada pengaruh antara kejujuran dan kemampuan sintesis siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 1 SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 26,721+ 0,5640X1 + 0,2082X2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 02:44 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 02:44 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12259 |
Actions (login required)
View Item |