Analisis Framing Pemberitaan Vaksin Covid-19 Di Kota Kupang Pada Media Online Pos-Kupang.com Periode Maret-Mei 2021 (Analisis Framing Robert N .Entman)

BARIAK, Felisitas Krishna (2023) Analisis Framing Pemberitaan Vaksin Covid-19 Di Kota Kupang Pada Media Online Pos-Kupang.com Periode Maret-Mei 2021 (Analisis Framing Robert N .Entman). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Framing Pemberitaan Vaksin Covid-19 Di Kota Kupang Pada Media Online Pos-Kupang.com Periode Maret-Mei 2021 (Analisis Framing Robert N .Entman)”. Analisis Framing Pemberitaan Vaksin Covid-19 dilakukan mulai dari 14 Maret – 30 Mei di media online Pos-Kupang.com. Wartawan telah melakukan pemberitaan Vaksin Covid-19 dengan upaya pemberantasan Covid-19 di kota kupang yang bekerja sama pemerintah pusat untuk membantu masyarakat dapat mengantisipasi virus corona. Penelitian ingin mengetahui bagaimana Media Online Pos-Kupang.com dalam membingkai pemberitaan mengenai Vaksin Covid-19 agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan dalam hal mencegah Covid-19 di kota kupang dan Peneliti menilai bahwa peran media tidak hanya sekadar memberi informasi, tetapi media juga harus bisa menjadi wadah kritik dan sarana edukasi bagi masyarakat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan analisis framing model Robert N Entman yang mencakup realitas konstruk yaitu Define Problem (Pendefinisian Masalah), Diagnose Causes (Mencari Penyebab Masalah), Treatment Recommendation (Menekankan Penyelesaian). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan 9 berita sebagai sampel, penulis melihat bahwa media online Pos-Kupang.com dalam membingkai Pemberitaan Vaksin Covid-19 lebih menekankan pada bingkai suatu peristiwa tehadap khalayak dan pemerintah. Hal tersebut terlihat dari bagaimana peneliti menganalisis pembingkaian berita melalui analisis framing dalam membingkai isu serta memilih atribut apa yang akan dihadirkan kepada khalayak mengenai pemebritaan vaksin Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Framing, Media Online, Vaksin Covid-19.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Felisitas K. Bariak
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:08
Last Modified: 06 Mar 2023 01:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12273

Actions (login required)

View Item View Item