Implementasi Standar Pelayanan Minimal Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Alor (Studi Kasus Pada Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran)

ABDULLAH, Rahmadi Sumardhan (2023) Implementasi Standar Pelayanan Minimal Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Alor (Studi Kasus Pada Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Implementasi Standar Pelayanan Minimial Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Alor (Studi Kasus Pada Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana standar pelayanan minimal penerbitan Akta Kelahiran di kantor Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Alor. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi dan teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, display data serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan implementasi Standar Pelayanan Minimal Pada Penerbitan Akta Kelahiran cukup berhasil karena respon masyarakat terhadap pelayanan yang berangsur membaik. Dari aspek komunikasi, masyarakat yang dulunya sulit mendapat akses informasi mengenai syarat-syarat dalam mengurus dokumen. Desawa ini masyarakat dapat memperoleh informasi tersebut pada kantor desa maupun kecamatan serta dapat berinteraksi dengan aparatur melalui media radio namun informasi ini tidak begitu efektif karena mayoritas masyarakat tidak mengandalkan radio sebagai media informasi. Dari aspek Sumber daya, aparatur yang bertanggungjawab terhadap pelayanan masyarakat cukup berkompeten. Aspek Disposisi, karakteristik aparatur pelaksana sangat baik, ini ditandai dengan tidak adanya praktek nepotisme hingga pungli serta pelayanan yang memakan waktu 1 hari langsung ambil dokumen pun dilaksanakan dengan baik tanpa embel-embel kedekatan. Aspek Struktur Birokrasi, dengan adanya koordinasi serta kolaborasi dengan beberapa instansi sangat membantu pelayanan dasar kepada masyarakat. Masyarakat dengan mudah mendapat informasi serta solusi menerbitkan akta kelahiran tanpa datang ke kantor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Minimal, penerbitan Akta Kelahiran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP RAHMADI SUMARDHAN ABDULLAH
Date Deposited: 06 Mar 2023 00:55
Last Modified: 06 Mar 2023 00:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12276

Actions (login required)

View Item View Item