Analisa Persentase Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah Dasar Negeri (Studi Kasus : SD Inpres Oepura 2, SD Inpres Sikumana 2 Dan SD Inpres Sikumana 3)

SAMON, Yoram Robinson Klemens Samon (2023) Analisa Persentase Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah Dasar Negeri (Studi Kasus : SD Inpres Oepura 2, SD Inpres Sikumana 2 Dan SD Inpres Sikumana 3). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

Bangunan sekolah merupakan sebuah unsur penting dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, sehingga dengan tersedianya bangunan sekolah yang baik dan memadai dapat membantu menarik minat belajar dan menumbuhkan kenyamanan belajar di lingkungan sekolah. Dalam upaya membantu pihak pemerintah Kota Kupang untuk meningatkan mutu pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka diperlukan identifikasi kondisi fisik bangunan sekolah untuk mengetahui persentase kerusakan bangunan sekolah. Penelitian ini berfokus pada SD Inpres Oepura 2, SD Inpres Sikumana 2 dan SD Inpres Sikumana 3. Kondisi Bangunan dinilai dengan melakukan survei dan pengukuran secara langsung, kemudian dilanjutkan dengan analisa pembobotan untuk mendapatkan persentase dan kategori tingkat kerusakannya. Dari hasil analisa semua Bangunan Gedung Sekolah SD Inpres Oepura 2 dan SD Inpres Sikumana 3 masuk dalam kategori rusak ringan dengan persentase kerusakan < 35 %. Sedangkan pada SD Inpres Sikumana 2 sebagian besar bangunan gedung masuk dalam kategori rusak ringan, namun terdapat satu bangunan Gudang yang masuk dalam kategori rusak sedang dengan persentase kerusakan sebesar 37,19 %. Gudang tersebut dapat direkomendasikan menjadi target utama Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dana bantuan pembangunan lainnya yang disediakan oleh pihak pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Bangunan, Persentase Kerusakan, Gedung Sekolah Dasar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S. T YORAM ROBINSON KLEMENS SAMON
Date Deposited: 06 Mar 2023 00:17
Last Modified: 06 Mar 2023 00:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item