Evaluasi Lokasi Blackspot Dan Tingkat Resiko Terjadinya Kecelakaan Pada Ruas Jalan Piet A Tallo, Kota Kupang

SORO, Yacob Christian (2019) Evaluasi Lokasi Blackspot Dan Tingkat Resiko Terjadinya Kecelakaan Pada Ruas Jalan Piet A Tallo, Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2. Bab l.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3. Bab ll.pdf

Download (856kB)
[img] Text
4. Bab lll.pdf

Download (157kB)
[img] Text
5. Bab lV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
6. Bab V.pdf

Download (30kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menurut UU RI No. 22 tahun 2009 adalah suatu peristiwa di jalan raya tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Faktor penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah faktor pengguna jalan (manusia), faktor prasarana (jalan) dan faktor sarana (kendaraan). Di Kota Kupang pada ruas Jl. Piet A Tallo sering terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas, dilihat dalam tiga tahun terakhir dimulai pada tahun 2015 s/d 2017 sebanyak 27 kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui titik rawan kecelakaan (blackspot) dan tingkat resiko terjadinya kecelakaan serta usulan penanganan terhadap masalah-masalah yang ada. Penelitian dimulai dengan menganalisis data sekunder untuk menentukan titik blackspot, kemudian data primer yang didapat dari hasil pengukuran secara langsung berdasarkan formulir Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) terhadap desain-desain jalan dan fasilitas pelengkap jalan untuk kemudian dicari nilai penyimpangan terhadap standar keselamatan yang akan menghasilkan nilai peluang terjadinya kecelakaan, nilai dampak dan resiko terjadinya kecelakaan pada setiap zona yang berstatus blackspot. Dari hasil analisis data sekunder tedapat tiga titik blackspot yaitu pada zona 4, zona 6 dan zona 44. Pada zona 4 berdasarkan hasil analisis data primer resiko tertinggi terjadinya kecelakaan diakibatkan karena tidak adanya trotoar dan rambu batasan kecepatan dengan nilai resiko 350 yang dikategorikan tinggi. Untuk zona 6 memiliki nilai resiko 500 dengan tidak adanya batasan median dikategorikan ekstrim. Sedangkan pada zona 44 dengan tidak adanya rambu batasan median memiliki nilai resiko 500 dengan kategori ekstrim. Berdasarkan masalah yang ada usulan penanganan pada penelitian ini dengan melalukan perbaikan terhadap titik rawan kecelakaan pada ruas jalan Piet A Tallo Kota Kupang. Perbaikan terhadap titik rawan kecelakaan tersebut dengan menyediakan trotoar bagi pejalan kaki, menempatkan rambu batasan kecepatan dan membangun batasan median jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Blackspot, Inspeksi Keselamatan Jalan, Kecelakaan, Resiko
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:20
Last Modified: 08 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item