Analisis Potensi, Efektivitas, Dan Efisiensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Kupang

DODU, Maria Amelinda Klaudia (2013) Analisis Potensi, Efektivitas, Dan Efisiensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)

Abstract

Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Berapa Besar Potensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Tahun Anggaran 2009-2011, Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Kupang? Dan Bagaimana Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Tahun Anggaran 2009- 2011, Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Kupang? Tujuan Dalam Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Besarnya Potensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Di Kabupaten Kupang Dan Untuk Mengetahui Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Kupang. Jenis Data Yang Digunakan Menurut Sumber Yaitu Data Primer Dan Sekunder, Sedangkan Menurut Sifat Yaitu Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Data Dikumpulkan Dengan Teknik Wawancara Dan Dokumentasi. Data Dianalisis Dengan Menggunakan Rumus Analisis Potensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C, Rumus Analisis Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C. Hasil Analisis Menunjukkan Bahwa: 1) Potensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Mengalami Fluktuasi Selama Tahun 2009-2011, Karena Besarnya Potensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Di Kabupaten Kupang Sangatlah Bergantung Dari Banyaknya Proyek-Proyek Fisik Seperti Pembangunan Gedung Dan Jembatan Yang Dilaksanakan Pada Tahun Yang Bersangkutan, 2) Secara Keseluruhan Tingkat Efektivitas Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Per Jenis Bahan Galian Di Kabupaten Kupang Tahun 2009 Mencapai 4,78% (Tidak Efektif), Tahun 2010 Mencapai 497,02% ( Sangat Efektif), Tahun 2011 Mencapai 62,16% (Tidak Efektif), Sedangkan Tingkat Efektivitas Berdasarkan Potensi Sebenarnya Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Pada Tahun 2009 Mencapai 36,60% (Tidak Efektif), Tahun 2010 Mencapai 82,04% (Kurang Efektif), Tahun 2011 Mencapai 52,38% (Tidak Efektif). Hal Tersebut Menunjukkan Bahwa Terdapat Gap Antara Target Dengan Potensi, Sehingga Dapat Dijadikan Acuan Penilaian Bahwa Penerimaan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Di Kabupaten Kupang Belum Optimal. Sedangkan Persentase Tingkat Efisiensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Di Kabupaten Kupang Selama Tahun 2009-2011 Adalah Kurang Dari 10% Yang Menunjukan Bahwa Kinerja Pemungutan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Yang Dilakukan Oleh Dinas Pertambangan Dan Energi Sudah Sangat Baik Dan Memuaskan. Melihat Dari Hasil Analisis Tersebut Maka Disarankan Kepada Dinas Pertambangan Dan Energi Agar Menjadikan Potensi Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C Sebagai Dasar Penetapan Target Agar Tidak Ada Perbedaan Yang Besar Antara Target Yang Ditetapkan Dengan Realisasi Yang Diterima Dan Perlu Memperketat Pengawasan Di Lapangan Untuk Mengurangi Tingkat Kebocoran Penerimaan Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:06
Last Modified: 08 Mar 2023 03:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item View Item