Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sel Di SMA Negeri 2 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023

OLLA, Anjelina Noviyanti (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sel Di SMA Negeri 2 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan yang diperoleh peserta didik setelah mengalami aktivitas belajar. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kupang Tengah masih rendah diakibatkan kurangnya perhatian dan motivasi guru sehingga peserta didik lebih memilih untuk tidak masuk kelas pada jam pelajaran Biologi dan model pembelajaran yang digunakan guru belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengarahkan peserta didik memahami konsep sampai pada kesimpulan adalah model discovery learning. Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi Sel di SMA Negeri 2 Kupang Tengah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen pretest 43,75 sedangkan posttest sebesar 84,68. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol pretest 36,87 dan pada posttest 56,25. Hasil uji anacova , menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000<0,05 sehingga H0 yang mengatakan tidak ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang mengatakan ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi Sel di SMA Negeri 2 Kupang Tengah Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning,hasil belajar, dan materi Sel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Anjelina Noviyanti Olla
Date Deposited: 09 Mar 2023 00:05
Last Modified: 09 Mar 2023 00:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item