Kerja Sama Guru, Wali Kelas dan Konselor Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kelas VIII A di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014)

LAOT, Fransiskus Kaferius (2014) Kerja Sama Guru, Wali Kelas dan Konselor Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kelas VIII A di SMP Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)

Abstract

Judul Skripsi : Kerja Sama Guru, Wali Kelas Dan Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kelas VIII A Di SMPK Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014. Masalah umum penelitian adalah bagaimana kerjasama guru, wali kelas dan konselor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2013/2014? Masalah khusus penelitian 1) Apa saja bentuk kerjasama guru, wali kelas dan konselor sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovani Kupang, tahun pelajaran 2013/2014? 2) Faktor-faktor apa saja yang mendorong kerja sama guru, wali kelas dan konselor sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovani Kupang, tahun pelajaran 2013/2014? 3) Upaya - upaya apa saja yang secara bersama-sama dilakukan guru, wali kelas dan konselor sekolh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovani Kupang, tahun pelajaran 2013/2014? 4) Bagaimana cara guru bidang studi, wali kelas dan konselor sekolah dalam memotivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovani Kupang, tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan umum penelitian adalah untuk mengetahui kerjasama guru, wali kelas dan konselor sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovanni Kupang, tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan khusus: 1. untuk mengetahui bentuk kejasama guru, wali kelas dan konselor seokolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2013/2014. 2. untuk mengetahui faktor-faktor kerja sama guru, wali kelas dan konselor sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2013/2014. 3. untuk mengetahui upaya-upaya yang secara bersama-sama dilakukan guru, wali kelas dan konselor sekolah dalam meningkatkan motivasi beajar siswa pada kelas VIIIA di SMP Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2013/2014. 4. untuk mengetahui cara-cara dari guru bidang studi, wali kelas dan konselor sekolah dalam memotivasi belajar siswa kelas VIIIA di SMP Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumen dan wawancara. Alat pengumpul data adalah lembar studi dokumen dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil analisis data menunjukan bahwa telah terjalin kerjasama yang baik dan optimal di antara guru, wali kelas dan konselor sekolah. Hal ini nampak melalui keterlibatan dalam berbagai bentuk kerjasama, dalam faktor-faktor yang mendorong kerjasama, dalam upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan dalam menerapkan cara memotivasi belajar siswa sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing yaitu sebagai guru, sebagai wali kelas dan sebagai konselor. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat ditarik simpulan bahwa kerjasama guru, wali kelas dan konselor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berjalan dengan baik dimana guru, wali kelas dan konselor bersama-sama berjuang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sesuai dengan perannya masing-masing. Berdasarkan simpulan di atas peneliti mengajukan beberapa saran kepada guru dan wali kelas agar terus meningkatkan kesadaran akan arti pentingnya kerjasama dengan konselor sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kepada konselor sekolah agar tetap menjalin kerjasama yang baik dengan guru dan wali kelas untuk bisa menangani masalah motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:44
Last Modified: 09 Mar 2023 05:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item