"Penggunaan Bahan Tambahan (Additive) Karet Ban Dalam Bekas Terhadap Stabilitas Dan Durabilitas Asphalt Concrete - Wearing Course (Ac-Wc)

LANGKOLA, March Michael Rus (2019) "Penggunaan Bahan Tambahan (Additive) Karet Ban Dalam Bekas Terhadap Stabilitas Dan Durabilitas Asphalt Concrete - Wearing Course (Ac-Wc). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)

Abstract

Masalah yang sering terjadi pada perkerasan jalan adalah kerusakan pada lapis perkerasan permukaan jalannya. Salah satu penyebab rusaknya perkerasan jalan tersebut adalah penurunan ikatan aspal terhadap agregat. Hal ini disebabkan oleh cuaca seperti curah hujan yang menyebabkan banjir dan menggenangi permukaan jalan. Kerusakan terparah umumnya terjadi pada daerah yang rawan banjir, karena jalur dikawasan tersebut akan lebih lama tergenang oleh banjir. Maka perlu meningkatkan mutu dan kualitas dari konstruksi perkerasan aspal tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya lekat dan ikatan yaitu dengan menambahkan atau memodifikasi campuran beraspal dengan bahan - bahan tambahan atau aditif. Karet ban dalam bekas merupakan suatu aditif yang juga adalah salah satu bahan buangan limbah padat yang mudah dicari dan ditemukan. Dengan menambah karet ban dalam sebagai bahan aditif akan dapat merubah sifat aspal dan agregat, meningkatkan daya lekat dan ikatan, serta mengurangi efek negatif dari air dan kelembaban sehingga menghasilkan permukaan berdaya lekat tinggi. Hal ini akan mengurangi terjadinya pelepasan butiran aspal dan diharapkan dapat meminimalkann terjadinya kerusakan jalan oleh air, memperpanjang waktu pelapisan ulang hot mix dengan biaya perawatan yang lebih mudah. Pada penelitian ini menggunakan variasi penambahan karet ban dalam bekas sebesar 0%, 2%, 4%, dan 6%. Nilai stabilitas dan durabilitas dapat diketahui setelah dilakukan tes Marshall dan analisa parameter Marshall. Dari hasil pengujian Marshall dan analisa parameter Marshall dapat diketahui bahwa penambahan karet ban dalam bekas sebesar 2% dapat meningkatkan nilai stabilitas dan durabilitas. Sehungga dapat disimpulkan bahwa karet ban bdalam bekas dapat digunakan sebagai bahan tambahan pada campuran Laston (AC-WC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Durabilitas, Karet Ban dalam bekas, Laston (AC-WC), Parameter Marshall, Stabilitas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:03
Last Modified: 08 Nov 2019 04:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item