Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Melalui Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIA Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013

BINSAR, Willyam W.P. (2013) Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Melalui Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIA Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran ini adalah media audio visual, Media pembelajaran ini dikomunikasikan melalui dua indera pada manusia yaitu audio yang berhubungan dengan indera pendengaran dan visual berhubungan dengan indra penglihatan, sehingga perpaduan penggunaan dari dua indera dalam proses pembelajaran ini dapat menjadikan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual melalui model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual melalui pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design dan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA . Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan kualitatif yaitu mendeskripsikan semua aktivitas siswa yang diobservasi Hasil penelitian menunjukan: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 86,25% (2) Ketuntasan klasikal 87,5% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,48 (4) Sensitivitas butir soal 0,50 (5) Kemampuan guru cukup baik dengan skor rata-rata 3,39 (6) Aktivitas siswa sangat baik dengan aktivitas paling menonjol adalah aktif mendengarkan penjelasan Guru dengan skor rata-rata 36,87 % yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual melalui model pembelajaran langsung Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran audio visual efektif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIIIA pada materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia, SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Media Pembelajaran audio visual, Model Pembelajaran Langsung, One Group pretest-postest desigen, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:08
Last Modified: 20 Mar 2023 01:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item