Strategi Personal Branding Dalam Kemenangan Anggota Legislatif Golkar Terpilih Pada Pemilu Tahun 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur

ODE, Yohanes Capestrano Mario (2023) Strategi Personal Branding Dalam Kemenangan Anggota Legislatif Golkar Terpilih Pada Pemilu Tahun 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul strategi Personal Branding Anggota Legislatif terpilih Parpol Golkar Dalam Pemilihan Legislatif 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana strategi Personal Branding Anggota Legislatif terpilih Parpol Golkar Dalam Pemilihan Legislatif 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam memecahkan masalah penelitian adalah strategi personal branding menurut McNally &Speak terutama Spesialisasi atau Kekhasan, Relevansi dan Konsistensi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah para informan sedangkan data sekunder adalah dokumendokumen yang berkaitan dengan variabel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Tahap analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, tahap penarikan kesimpulan lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa (1). Spesialisasi atau Kekhasan, yaitu Yosef Ode dan Vinsensius Reamur memiliki kekhasan dari sisi pekerjaan, dimana Yosef Ode sebagai seorang pengusaha dan mantan anggota DPRD sedangkan Vinsensius reamur merupakan mantan Kepala Desa Lembur dan Anggota DPRD petahana. Dari sisi pendidikan, Yosef Ode merupakan lulusan SMA Karya Ruteng sedangkan Vinsensius reamur merupakan Unika Widya Karya Malang. Dari sisi rekam jejak organisasi, Yosef Ode memiliki rekam jejak dan organisasi yang cukup baik yaitu pernah menjadi Ketua Golkar Kecamatan Borong, Sekretaris DPD II Golkar Kabupaten Manggarai Timur, Ketua wilayah Paulus dan Dewan Paroki Borong serta Pengurus Dewan Paroki Sok sedangkan Vinsensius reamur dari sisi rekam jejak organisasi pernah menjadi Anggota PMKRI Cabang Malang dan Pengurus PBTI Manggarai Timur. (2) Relevansi, yaitu Yosef Ode dan Vinsensius Reamur memiliki kekuatan materi atau finansial yang baik sebagai modal utama dalam kegiatan kampanye politik, hal ini tidak terlepas dari status Yosef Ode yang merupakan pengusaha tambang pasir terbesar di Kabupaten Manggarai Timur sedangkan Vinsensius Reamur merupakan anggota DPRD Petahana. Keterpilihan Yosef Ode dan Vinsensius Reamur tidak terlepas dari kekuatan non materi dimana keduanya sering terlibat dalam kegiatan sosial ditengah masyarakat berupa mengikuti acara adat atau acara-acara besar yang ada di dalam kehidupan masyarakat seperti mengikuti acara pesta sekolah atau wuat wai, penti, acara pernikahan, acara sambut baru sampai acara kematian. (3). Konsistensi, yaitu Yosef Ode dan Vinsensius Reamur tidak memuat atau memaparkan materi kampanye yang berkaitan dengan program partai tetapi lebih kepada mendengar dan menerima usulan dari masyarakat. Yosef Ode dan Vinsensius Reamur tidak terlalu memberikan janji-janji politik tetapi lebih kepada meyakinkan masyarakat didapilnya jika mereka terpilih mereka siap memperjuangkan aspirasi masyarakat yang disuarakan dalam kegiatan kampanye tatap muka. Yosef Ode dan Vinsensius mengandalkan dukungan keluarga besar dan tim sukses serta melibatkan Tua Golo sebagai tim sukses sehingga memudahkan kampanye politik di Mbaru Gendang (Rumah Adat) sehingga dapat mengajak, mengarahkan dan memobilisasi masyakat untuk memilih Yosef Ode dan Vinsensius Reamur. Berdasarkan hasil analisis diatas, penulis menyimpulkan bahwa Spesialisasi atau Kekhasan, Relevansi dan Konsistensi berpengaruh terhadap keterpilihan Yosef dan Vinsensius Reamur Dalam Pemilihan Legislatif 2019 Di Kabupaten Manggarai Timur. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan Pada pemilu yang akan datang, Yosef Ode dan Vinsensius Reamur tetap mempertahankan sesuatu yang khas/unik dari dirinya sehingga menjadi brandnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Caleg Golkar, Manggarai Timur
Subjects: J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S. IP Yohanes CAPESTRANO mario ode
Date Deposited: 20 Mar 2023 00:18
Last Modified: 20 Mar 2023 00:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12413

Actions (login required)

View Item View Item