Analisa Tingkat Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Maulafa, Kota Kupang)

DA GRUSS, Efraim Cristiano (2023) Analisa Tingkat Kerusakan Bangunan Gedung Sekolah (Studi Kasus Di Wilayah Kecamatan Maulafa, Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)

Abstract

Dalam proses membina dan menghasilkan generasi penerus bangsa bangunan gedung terutama gedung sekolah, merupakan salah satu bangunan fisik yang mempunyai peranan penting dalam menunjang aktivitas penggunanya. Jika bangunan sekolah dalam keadaan rusak maupun tidak memenuhi syarat dan tidak layak huni maka kegiatan belajar mengajar tersebut dapat tergganggu. Sebelum tindakan perawatan dan perbaikan maupun renovasi dilaksanakan oleh pihak sekolah maupun pemerintah, sanggatlah penting bagi pihak yang ingin melakukan perbaikan mengetahui informasi tingkat kerusakan pada bangunan gedung sekolah tersebut maupun komponen apa saja yang harus diperbaiki pada bangunan gedung sekolah tersebut sehingga kegiatan perbaikan dan perawatan maupun renovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah atau pemerintah tepat pada sasaran. Penelitian ini difokuskan pada tiga sekolah dasar negeri yang ada pada Kecamatan Maulafa antara lain Sekolah Dasar Inpres Naimata, Sekolah Dasar Inpres Nasipanaf, dan Sekolah Dasar Inpres Maulafa. Hasil Penelitian [1]Sekolah Dasar Inpres Naimata 44% sub komponen penyusun bangunan gedung mengalami kerusakan ringan sedangkan 56% dalam kondisi baik atau tidak mengalami kerusakan. Tingkat kerusakan bangunan gedung sekolah 0,87% rusak ringan. [2]Sekolah Dasar Inpres Nasipanaf 75% sub komponen penyusun bangunan gedung mengalami kerusakan ringan sedangkan 25% dalam kondisi baik atau tidak mengalami kerusakan. Tingkat kerusakan bangunan gedung sekolah 2,87% rusak ringan. [3]Sekolah Dasar Inpres Maulafa 6% sub komponen penyusun bangunan gedung mengalami kerusakan berat, 13% sub komponen mengalami kerusakan sedang, 50% sub komponen mengalami kerusakan ringan dan 31% lainnya dalam kondisi baik atau tidak mengalami kerusakan. Tingkat kerusakan bangunan gedung sekolah 7,87% rusak ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kerusakan, Bangunan Gedung Sekolah Dasar, Kondisi Bangunan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T Efraim Cristiano Da Gruss
Date Deposited: 23 Mar 2023 23:39
Last Modified: 23 Mar 2023 23:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item