Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Perkembangan Manusia Di SMP Negeri 20 Kupang

TEFA, Laurensia Revita (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Perkembangan Manusia Di SMP Negeri 20 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 20 Kupang masih rendah, hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA adalah menggunakan model Discovery Learning. Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi Perkembangan Manusia di SMP Negeri 20 Kupang. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas Ekperimen diperoleh nilai pretest 50 dan meningkat menjadi 82,5 setelah diberi perlakuan. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest 40,47 dan meningkat menjadi 67,97 setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi Perkembangan manusia di SMP Negeri 20 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil belajar, Materi Perkembangan Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Laurensia Revita Tefa
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item