Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK St. Yoseph Noelbaki Tahun Ajaran 2022 / 2023

ALLE, Elvyera Ledia (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMPK St. Yoseph Noelbaki Tahun Ajaran 2022 / 2023. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik baik yang menyangkut dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMP Katolik St. Yoseph Noelbaki dengan guru mata pelajaran IPA dapat menerangkan bahwa hanya sebagian kecil peserta didik yang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang tepat untuk dapat memecahkan masalah trsebut adalah penggunaan metode pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran yang inovatif yang disarankan dalam kurikulum 2013 yakni model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPK. St. Yoseph Noelbaki tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah non equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPK St. Yoseph Noelbaki yang berjumlah 59 orang dan sampel yang dipilih adalah peserta didik kelas VII A dan kelas VII B. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari teknik tersebut, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen (20 orang) dan pesrta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol (20 orang). Berdasarkan hasil penelitian, perolehan nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,71 sedangkan perolehan nilai rata-rata n-gain pada kelas kontrol yaitu 0,49. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analysis of covariance hasil belajar menghasilkan nilai signifikansi 0.000 dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 84,75 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 70,25. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPK St. Yoseph Noelbaki tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil belajar, Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S. Pd Elvyera Ledia Alle
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:57
Last Modified: 27 Mar 2023 06:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item