Analisis Penatausahaan Keuangan BUMDes Honihama Di Desa Tuwagoetobi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2017-2021

TUPEN, Heriberta Memen (2023) Analisis Penatausahaan Keuangan BUMDes Honihama Di Desa Tuwagoetobi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2017-2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (303kB)

Abstract

Heriberta Memen Tupen, NIM: 33117016, dengan judul skripsi “Analisis Penatausahaan Keuangan BUMDes Honihama Di Desa Tuwagoetobi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur Tahun Anggaran 2017-2020”. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Henny A. Manafe, SE.,MM sebagai pembimbing I dan Ibu Maria Odriana Veronica Moi, SE.,M.Sc sebagai pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “(1) Bagaimana Penatausahaan Keuangan BUMDes Honihama di Desa Tuwagoetobi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur (2) Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan penatausahaan keuangan di BUMDes Honihama” . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Penatausahaan Keuangan BUMDes Honihama di Desa Tuwagoetobi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur (2) untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penatausahaan keuangan di BUMDes Honihama. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bawah Penatausahaan Keuangan BUMDes Honihama masih belum maksimal yang meliputi : (1) Belum mempunyai laporan keuangan, pembukuan belum sesuai dengan prosedur akuntansi yang benar (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penatausahaan keuangan anatara lain kepemimpinan, sumber daya manusia, komunikasi, dan partisipasi masyarakat belum optimal. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka, disarankan kepada BUMDes Honihama Desa Tuwagoetobi Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur, (1)Bagi pemerintah desa dan penatausahaan keuangan BUMDes diharapkan supaya bisa memberikan pelatihan kepada pengelolaan BUMDes sehinggah bisa menggunakan metode excel dalam pelaporan keuangan. (2) Penatausahaan BUMDes Honihama agar lebih memaksimalkan laporan keuangan. (3) BUMDes Honihama agar bisa mendatangkan aset-aset yang bisa membantu atau mendukung keberhasilan BUMDes. (4)Kepada masyarakat Desa Tuwagoetobi, agar dapat membantu dan mendukung kesuksesan dalam mengelolah BUMDes Honihama agar tercapainya tujuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penatausahaan Keuangan BUMDes
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S. Ak Heriberta Memen Tupen
Date Deposited: 30 Mar 2023 23:51
Last Modified: 30 Mar 2023 23:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item