Analisis Kebutuhan Modal Kerja Pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang Periode 2016-2020

BRIA, Maria Febriana Luruk (2022) Analisis Kebutuhan Modal Kerja Pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang Periode 2016-2020. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)

Abstract

Maria Febriana Luruk Bria (32117 004) “Analisis Kebutuhan Modal Kerja Pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang Periode 2016-2020”. Penulisan skripsi ini di bawah Bimbingan Bapak Jou Sewa Adrianus, SE, MM selaku pembimbing I dan Ibu Maria B. M. G. Wutun, SE, MM selaku pembimbing II. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah berapa besarnya jumlah kebutuhan modal kerja yang tersedia untuk melayani pinjaman anggota. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya persediaan modal kerja untuk melayani kebutuhan anggota. Jenis data pada penelitian ini adalah data menurut sumbernya yaitu data primer dan sekunder, sedangkan data menurut sifatnya yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data adalah metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data adalah Perputaran Modal Kerja, Metode Keterikatan Dana dan Pengeluaran Kas Rata-Rata Setiap Hari. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Tahun 2016-2020 Koperasi Kredit Swasti Sari dilihat dari indikator Perputaran modal kerja sudah maksimal karena hasilnya selalu stabil atau mengalami peningkatan setiap tahunnya baik perputaran kas, perputaran piutang, maupun perputaran modal kerja. (2) Analisis periode keterikatan dana belum maksimal, karena waktu yang diperlukan tidak stabil. Dari analisis ini dapat diketahui bahwa besarnya kenaikan aktiva lancar dengan semakin lamanya waktu yang dibutuhkan dalam periode keterikatan unsur modal kerja. (3) Analisis kebutuhan rata-rata kas setiap hari maka dapat disimpulkan bahwa koperasi membutuhkan modal kerja yang besar untuk menjalakan aktivitas koperasi setiap hari. Berdasarkan hasil analisis, di sarankan untuk memperbaiki kebutuhan modal kerja yang ada dalam Kopersai Kredit Swasti Sari Kupang seperti Kas setiap tahun mengalami peningkatan sehingga dana yang lain mengganggur dan mempengaruhi kebutuhan modal kerja, piutang setiap tahun mengalami peningkatan dan persediaan setiap tahun juga mengalami fluktuasi sehingga dari pihak manajemen koperasi harus menguasai cara memutarkan modal kerja agar bisa menghasilkan profil yang baik di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Modal Kerja, Metode Perputaran Modal Kerja, Periode Keterikatan Dana dan pengeluaran Rata-Rata Kas Setiap Hari
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Maria Febriana Luruk Bria
Date Deposited: 10 Apr 2023 23:39
Last Modified: 10 Apr 2023 23:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12475

Actions (login required)

View Item View Item