BRIA, Yulius (2023) Pengaruh Reputasi, Kelengkapan Produk, Dan Motif Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Online Tokopedia Pada Mahasiswa Strata 1 FEB Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (919kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (442kB) |
Abstract
Yulius Bria (32118032) “Pengaruh Reputasi, Kelengkapan Produk dan Motif Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Online Tokopedia Pada Mahasiswa Strata-1 FEB Unwira Kupang”. Penulisan Skripsi ini di bawah Bimbingan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Maria Augustin Lopes Amaral, SE. MM selaku Dosen Pembimbing II. Keputusan pembelian oleh konsumen dilakukan melalui serangkaian proses yang telah dipertimbangkan terlebih dahulu dalam pengambilan keputusan pembelian, di mana konsumen dihadapkan pada beberapa alternatif, kemudian konsumen akan melakukan keputusan pembelian. Masalah yang terjadi adalah pengunjung dan jumlah omset penjualan Tokopedia di Kota Kupang mengalami penurunan pada tahun 2019-2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang, reputasi, kelengkapan produk, motif pembelian dan keputusan pembelian melaui aplikasi online Tokopedia? 2) Apakah reputasi, kelengkapan produk, dan motif pembelian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melaui aplikasi online Tokopedia? 3) Apakah reputasi, kelengkapan produk, dan motif pembelian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melaui aplikasi online Tokopedia? Pada penelitian ini jumlah populasi tidak diketahui dengan pasti, maka jumlah sampel yang ideal dan representatif diperoleh dari jumlah indikator penelitian dikalikan 5 sampai 10. Pada penelitian ini, jumlah indikator sebanyak 15 dan nilai yang ditentukan adalah 7, sehingga jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak: 15 x 7 = 105. Alat analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS versi 26. Hasil analisis deskriptif menggambarkan kategori persepsi variabel reputasi 71,66% dalam kategori baik, kelengkapan produk 75,93% dalam kategori baik, motif pembelian 76,89% dalam kategori baik dan keputusan pembelian 74,44% dalam kategori baik. Analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,195X1 + 0,548X2 + 0,152X3. Hasil uji t menunjukkan variabel reputasi, kelengkapan produk dan motif pembelian secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan variabel reputasi, kelengkapan produk dan motif pembelian secara simultan berpengaruh positif dan Signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi adalah 0,606 atau 60,6%, artinya variabel keputusan pembelian melalui aplikasi online Tokopedia, merupakan kontribusi dari variabel reputasi, kelengkapan produk dan motif pembelian, sedangkan sisanya sebesar 39,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan ke dalam penelitian ini. Perusahaan Tokopedia harus memenuhi setiap kebutuhan konsumen. Setiap produk yang dipasarkan Tokopedia harus up to date sesuai dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Reputasi, Kelengkapan Produk, Motif Pembelian dan KeputusanPembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reputasi, Kelengkapan Produk, Motif Pembelian dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | S. M Yulius Bria |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 23:50 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 23:50 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12499 |
Actions (login required)
View Item |