MAJA, Rifani Lumba (2019) Pengaruh Gaya Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Pengetahun Dan Keterampilan Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (579kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (309kB) |
|
Text
bab III.pdf Download (445kB) |
|
Text
bab IV.pdf Download (624kB) |
|
Text
bab V.pdf Download (521kB) |
Abstract
Gaya kognitif adalah karakteristik individu dalam penggunaan fungsi kognitif (berpikir, mengingat, memecahkan masalah, membuat keputusan, mengorganisasikan, dan memproses informasi, dan seterusnya). Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan tingkat tinggi yang mampu dikuasai oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan proses ilmiah yaitu mampu mengenali, menganalisis, mengambil keputusan, bisa membuat perancanaa strategik, memecahkan masalah, dan melakukan proses ilmiah. Pendekatan inkuri terbimbing adalah suatu pola pembelajaran melalui tahapan penemuan atau penyelidikan yang dilakukan oleh siswa, dalam melakukan kegiatan memahami masalah, merancang dan melakukan suatu kegiatan dengan kemampuan dan pengetahuannya sendiri, serta mencari berbagai bukti yang mendukung untuk menemukan konsep dari hasil temuan selama pembelajaran tidak lepas dari bimbingan guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (4) Untuk mengetahui hubungan gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (5) Untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan skor sebesar 3,87. (2) Gaya kognitif peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 67,63. (3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 76,25. (4) Ada hubungan antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan koefisien korelasi ganda sebesar = 0,93 dan = 0,82. (5) Ada pengaruh antara gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan garis regresi ganda = 57,967 + 0,227 X1 + 0,085 X2 dan = 57,838 + 0,187 X1 + 0,115 X2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 01:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 01:46 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1251 |
Actions (login required)
View Item |